Pengetahuan tentang bisnis jasa pengiriman barang di indonesia

Pengetahuan tentang bisnis jasa pengiriman barang di indonesia

Pada saat ini perkembangan jasa pengiriman barang atau biasa di sebut juga perusahaan cargo sangatlah pesat, hal ini merupakan indikator bahwa perkembangan ekonomi kita semakin baik. sibuknya lalu lintas arus masuk barang dari luar negri ataupun dari dalam negri ke luar negri bisa di lihat dari semakin menjamurnya perusahaan cargo worldwide yang membuka kantornya di indonesia. perusahaan cargo yang berskala internasional adalah fedex, ups, DHL, dan masih banyak lagi yang lainnya. sementara untuk dalam negeri tentu tidak asing lagi, sebagai jawara awal perintis bisnis pengiriman adalah post indonesia kemudian di ikuti oleh perusahaan nasional lainnya seperti : tiki, jne, pahala kencana, mex berlian, ganda express, saceexpress dan tentu saja kami sendiri klik logistics.
perlu anda ketahui untuk pengiriman barang melalui pesawat udara itu terbagi dalam dua jenis.

1. penerbangan pesawat penumpang, di pesawat ini selalu tersedia space untuk bagasi karena tidak semua penumpang mempunyai barang bawaan yang banyak. ada kalanya hanya membawa tas kecil saja, jika ada 10 penumpang yang tidak mempunyai bagasi maka di pastikan banyak bagasi yang kosong. nah celah inilah yang di manfaatkan oleh perusahaan penerbangan untuk menjual space yang ada kepada perusahaan jasa pengiriman cargo. akan tetapi biasanya hanya bisa di gunakan untuk pengiriman paket-paket kecil dan dokumen saja.

2. pesawat cargo ( cargo aircraft) adalah jenis pesawat yang hanya khusus untuk mengirimkan cargo saja, jadi bukan di peruntukan untuk mengangkut orang.

jenis dokumen untuk kirim barang melalui pesawat udara ada dua jenis
1. SMU ( surat muatan udara ) istilah ini di kenal hanya untuk pengiriman domestik, karena bisa di lihat dan di baca istilah tersebut sangat indonesia.
2. AWB ( Air way bill ) istilah ini di kenal untuk pengiriman cargo internasional, dan bisa di ketahui dari istlahnya yang menggunakan bahasa inggris.

untuk pesawat cargo bagasi di dalamnya memakai pallet, dan ada beberapa type pesawat yang mnggunakan vallet di antaranya adalah :

  • Air bus
  • Boeing
  • Jumbo Jet

Peraturan-peraturan yang harus di patuhi oleh pihak penerbangan dalam hal pengiriman cargo harus sesuai dengan prosedur berikut ini :

1. tidak boleh melebihi Kemampuan daya angkut pesawat terbang (pay load)
2. Ruang cargo di dalam pesawat harus memperhatikan keselamatan
3. Ukuran luas pintu pesawat menjadi dasar besarnya maximum suatu barang bisa masuk.
4. Maksimum floor load harus sesaui standard.

Keamanan atau keselamatan penerbangan adalah faktor paling utama yang harus di perhatikan, anda tidak akan bisa kirim barang dengan pesawat cargo jika barang yang anda kirimkan menyalahi ketentuan keamanan penerbangan (safety flight) maka dari itu terbitlah satu peraturan dalam penerimaan cargo :

1. jenis cargo barang yang dikirimkan (content) bukan barang terlarang, jika barang berbahaya sendiri tidak masalah di kirim via pesawat cargo asalkan segala syaratnya di penuhi.
2. Bobot atau berat cargo (weight)
3. Ukuran suatu barang panjang x lebar x tinggi (dimension)
4. Pembungkus kiriman (packing) harus aman, apakah di packing plastik ataupun kayu.

1. Proses pengiriman barang

aktifitas dalam proses pengiriman suatau barang sangatlah mudah dan tidak serumit yang di bayangkan, yaitu anda cukup menelephone perusahaan jasa pengiriman terlebih dahulu. lalu anda akan mendapatkan informasi simulasi biaya pengiriman barangnya, dan tentunya jika barang yang akan di kirim belum di lihat maka biaya yang di berikanpun baru sekedar estimasi. nah untuk pengiriman barang ke luar negri maka harus di lihat dulu jenis barang yang akan di kirim, dan negara tujuan mana yang akan menjadi tujuan. apakah barang tersebut di perbolehkan atau tidak, dan apakah dokumennya sudah sesuai prosedur atau tidak. jika semuanya sudah sesuai, maka pengiriman andapun akan lancar.

berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda kirim barang :
apakah barang yang anda kirimkan barang terlarang? jenis apakah yang akan anda kirimkan? anda di sini harus bicara jujur, tidak boleh berbohong mengenai isi paket barang. karena anda bisa terkena pidana jika berbohong lalu terjadi kecelakaan yang di sebabkan oleh barang anda.

packing rapi barang anda
perhitungan berat barang biasanya menggunakan dua cara yaitu : di timbang langsung dan juga di ukur volume barang dengan rumus jika via laut P X L X T : 4000 = HASIL jika via udara P X L X X T : 6000 = HASIL

setelah semuanya tidak ada masalah anda tinggal tunggu untuk mendapatkan no smu jika kiriman lokal, dan awb jika kiriman anda ke luar negri. lalu barang anda segera di kirim ke gudang dan menunggu proses untuk di berangkatkan.

2. proses mengeluarkan barang dari bandara

proses dan tahapan yang harus anda lakukan untuk mengeluarkan barang dari bandara adalah sebagai berikut :
setelah pesawat yang membawa barang kiriman anda landing, maka petugas bandara atau biasa di sebut porter akan langsung mengeluarkan barang anda dari pesawat lalu di masukan ke gudang. lalu si penerima barang akan di informasikan oleh pihak bandara bahwa barang anda telah sampai dan bisa di ambil. lalu silahkan anda datang dan tunjukan no air waybill atau no smu anda, setelah barang di cek anda bisa langsung mengambil barang anda.

demikianlah informasi Pengetahuan tentang bisnis jasa pengiriman barang di indonesia melalui pesawat udara, tanpa bermaksud menggurui bagi anda senior-senior yang ahli di bidangnya. jika kami salah mohon di koreksi terima kasih klik logistics.

kliklogisticsekspedisiudara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*