fbpx
Fungsi nomor resi – Di era teknologi seperti sekarang ini membuat suatu pekerjaan yang dulunya merepotkan menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya adalah aktivitas jual dan beli. Jika dulu pembeli harus mendatangi penjual dalam bertransaksi, tapi kini aktivitas jual beli bisa dilakukan hanya dalam genggaman anda alias smartphone. Ya, belanja online sekarang sudah menjadi pilihan utama orang-orang ketika membeli kebutuhan sekunder mereka, seperti pakaian, sepatu, alat olahraga, dan lain-lain.

Dan untuk mendistribusikan barang tersebut, pengusaha online tentunya sangat bergantung pada jasa ekspedisi atau cargo untuk mengantarkan barang dagangan mereka ke tangan konsumen. Jika sudah seperti itu, maka penjual dan pembeli online akan diberi tracking number atau yang biasa disebut nomor resi.

Lalu apa defenisi dari nomor resi dan juga manfaatnya dalam dunia ekspedisi? Simak artikel ini sampai habis.

Baca Juga : Jasa Cargo Murah dari Jakarta ke Banjarmasin

fungsi nomor resi

Defenisi Nomor Resi

Jika anda sudah sering berkecimpung di dunia ekspedisi atau pengiriman barang baik itu ekspedisi reguler maupun kargo, tentunya sudah sangat akrab mendengar kata nomor resi. Ya, nomor resi biasanya melekat pada jasa ekspedisi.

Resi sendiri menurut KBBI adalah tanda terima barang atau jasa secara tertulis. Misal anda makan disebuah restauran, dan sesudah membayar makanan yang anda makan, mereka memberikan tanda terima pembelian yang biasa dikenal sebagai struk. Tetapi ketika sekarang belanja online semakin marak, resi mengalami pergeseran makna. Nomor resi sekarang diartikan sebagai nomor pelacakan barang pengiriman. Bahasa Internasional untuk nomor resi adalah Tracking Number.

Nomor resi sendiri biasanya tertera pada kertas faktur atau surat tanda terima yang diberikan oleh jasa ekspedisi yang bersangkutan. Pada faktur tersebut jika terdapat deretan angka dan huruf unik, maka bisa dipastikan itu adalah nomor resi.

Fungsi Nomor Resi

Jika dilihat dari pengertian nomor resi sekarang mengalami pergeseran makna, maka fungsi dari nomor resi adalah melacak pengiriman barang anda. Jika anda telah mendapatkan nomor resi dari pembeli, itu tandanya barang anda sudah dalam proses pengiriman. Selain itu nomor resi berguna untuk mengklaim atau mengambil barang anda ketika sudah sampai di tujuan pengiriman. Oleh sebab itu jangan sampai menghilangkan nomor resi sebelum barang anda benar-benar sampai ke tangan anda.

Cara Cek Nomor Resi

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, fungsi dari nomor resi adalah untuk melacak status pengiriman barang anda. Lalu bagaimana caranya?

Untuk beberapa jasa ekspedisi, mereka mempunyai fitur cek resi tersendiri pada website atau aplikasi mereka. Caranya sangat mudah, anda harus ketahui dulu nomor resi yang tertera pada faktur yang diberikan oleh jasa ekspedisi terkait. Setelah itu buka aplikasi cek resi atau buka web ekspedisi yang dipakai. Kemudian masukkan nomor resi tadi ke dalam bar yang ada pada cek resi. Setelah anda enter, maka akan keluar informasi yang berisi status barang anda.

Untuk jasa ekspedisi yang tidak mempunyai fitur cek tarif, anda bisa menelfon atau chat customer service khusus pelacakan barang. Untuk anda customer Klik Logistics, selain barang anda aman di tangan kami, anda juga bisa dengan mudah memantau status pengiriman anda dengan menghubungi customer service kami yang khusus menangani status pengiriman.

Nomor Telfon / Whatsapp Cek Status Pengiriman

081288113300 a/n Firda

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS tracking status kami

Chat Via Whatsapp Hubungi Kami Via Telepon 

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya nomor resi dalam dunia pengiriman barang atau ekspedisi. Setelah anda membaca ini, semoga anda paham betul bahwa nomor resi sangat penting, maka dari itu jangan pernah menghilangkan nomor resi anda sebelum barang anda sampai ke tangan anda.

 

Chat Dengan Staff Kami

Yth. Pelanggan Klik. Chat diluar jam kerja akan di respon hari berikutnya.

Staff Marketing

Selly (Sulsel, Sulut, Gorontalo)

Online

Staff Marketing

Anna (Kaltim, Kalsel, Kaltara)

Online

Staff Marketing

Khusnul (Sulbar, Sulteng, Sultra)

Online

Staff Marketing

Cici (Batam)

Online

Staff Marketing

Eka (Kirim Kontainer, Alat Berat, Mobil)

Online

Staff Marketing

Aida (Papua, NTT, NTB, & Lombok)

Online

Staff Marketing

Putri (Jawa, Bali, Sumatera)

Online

Staff Marketing

Muti (Kalteng & Kalbar)

Online

Staff Marketing

Dian (Maluku & Halmahera)

Online

Selly (Sulsel, Sulut, Gorontalo)Pengiriman Ke Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo (Telp/WA : 081 299 088 088)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Anna (Kaltim, Kalsel, Kaltara)Untuk pengiriman ke Kaltim, Kalsel, Kaltara kontak saya (telp/Wa : 081380000339)

Hallo ada yang bisa saya bantu,? 00.00

Khusnul (Sulbar, Sulteng, Sultra)Pengiriman Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara (telp/wa: 0812 88 200 200)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Cici (Batam)Pengiriman ke Batam Ke Seluruh Indonesia (Telp/WA : 6281212991299 )

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Eka (Kirim Kontainer, Alat Berat, Mobil)Kirim Kontainer, Alat Berat, Kendaraan Bermotor (telp/wa: 0819 803 229)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Aida (Papua, NTT, NTB, & Lombok)Untuk pengiriman ke Papua, NTT, NTB, & Lombok bisa kontak saya (telp/Wa : 6281299088088)

Hallo, ada yang bisa saya bantu,? 00.00

Putri (Jawa, Bali, Sumatera)Pengiriman Jawa, Sumatra, dan Sewa Truck (telp/wa: 0812 99 200 200)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Muti (Kalteng & Kalbar)Pengiriman Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. (telp/wa: 6282110109222)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00

Dian (Maluku & Halmahera)Pengiriman Ke Maluku & Halmahera (Telp/WA : 6281290300300)

Hallo, Ada Yang Bisa Saya Bantu ? 00.00